Wednesday, March 16, 2016

PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM MENGIKUTI SHALAT DHUHA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL ANAK

BAB V
PENUTUP

A.    Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan dan analisis data yang telah disajikan dalam skripsi ini, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.      Keaktifan Siswa Mengikuti Shalat Dhuha di MTs Luthful Ulum Pasucen Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2013/2014 termasuk dalam kategori BAIK.
Hal ini berdasarkan dari nilai rata-rata sebesar 26,54 adalah termasuk kategori baik, karena berada pada interval 25,8 - 33,6.
2.      Kecerdasan Spiritual Anak di MTs Luthful Ulum Pasucen Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2013/2014 termasuk dalam kategori BAIK.
Hal ini berdasarkan dari nilai rata-rata kecerdasan spiritual anak sebesar  31,01 termasuk kategori baik, karena berada pada interval 25,8 - 33,6.
3.      Ada pengaruh signifikan keaktifan siswa mengikuti shalat dhuha terhadap kecerdasan spiritual anak di MTs Luthful Ulum Pasucen Trangkil Pati tahun pelajaran 2013/2014.
Hal ini dapat dilihat pada koefisien rxy adalah 0,51. Sedangkan harga    rtabel untuk kesalahan 5% dengan n = 82  adalah 0,217. Berarti harga rxy lebih besar dari r tabel  untuk kesalahan 5% (0,51 > 0,217).
Terbukti pula nilai Freg sebesar 28,11 sedangkan Ftabel untuk kesalahan 5% dengan derajat kebebasan pembilang = 1 dan penyebut = 80 adalah 3,96. Hal ini menunjukkan bahwa Freg lebih besar dari Ftabel atau 28,11 > 3,96.
B.     Saran-Saran
Dengan segala kerendahan hati dan tanpa mengesampingkan pihak manapun sehubungan dengan penelitian ini, maka ada beberapa saran kepada semua pihak, terutama MTs Luthful Ulum Pasucen Trangkil Pati sebagai berikut: 
1.      Untuk Siswa
Hendaknya  para siswa dalam mengikuti shalat dhuha lebih ditingkatkan, diperhatikan, dan hendaknya senantiasa melaksanakan shalat dhuha dimanapun berada.
2.      Untuk Orang Tua
Senantiasa membimbing anak agar di rumah juga melaksanakan shalat dhuha.
3.      Lembaga
Lebih meningkatkan kegiatan Shalat Dhuha maupun kegiatan yang lain yang bisa meningkatkan kecerdasan spiritual siswa.
4.      Untuk Guru
Senantiasa membimbing siswa untuk lebih giat melaksanakan shalat dhuha dan membimbing mereka supaya kecerdasan spiritual mereka meningkat.




C.    Penutup
Puji syukur penulis panjatkan kahadirat Allah SWT yang telah memberi petunjuk kepada penulis dalam mengerjakan dan menyelesaikan skripsi ini, karena izin-Nya penulis merasakan adanya semangat untuk menyelesaikan penyusunan skripsi ini. Meskipun banyak mengalami kesulitan dan hambatan, namun pada akhirnya penyusunan skripsi ini dapat selesai.



No comments:

Post a Comment