Pengukuran Hasil
Belajar
Pengukuran
(measurement) adalah proses pemberian angka atau usaha memperoleh
deskripsi numerik dari suatu tingkatan di mana seorang peserta didik telah
mencapai karakteristik tertentu.[1]
Pengertian
pengukuran seperti dikemukakan oleh Wiersma & Jurs adalah penilaian numeric pada
fakta-fakta dari objek yang hendak diukur menurut criteria atau satuan-satuan
tertentu.[2]
Hasil
belajar merupakan suatu indikator dari perubahan yang terjadi pada diri siswa
setelah mengalami proses belajar dimana untuk mengungkapkannya biasa
menggunakan suatu alat penilaian yang ditetapkan guru atau tim ahli.[3]
Fungsi pengukuran hasil belajar menurut Muhibbin Syah adalah
sebagai berikut:
1) Mengetahui tingkat
kemajuan yang telah dicapai oleh siswa dalam suatu kurun waktu dan proses
tertentu.
2) Mengetahui posisi atau kedudukan seseorang dalam kelompok
kelasnya.
3) Mengetahui tingkat usaha yang dilakukan siswa dalam
belajar. Hasil yang baik pada umumnya menunjukkan tingkat usaha yang efisien.
4) Untuk
mengetahui sejauh mana siswa telah mendayagunakan kapasitas kognitif (kemampuan
kecerdasan yang dimilikinya) untuk keperluan belajar.
5) Untuk
mengetahui tingkat dan hasil metode mengajar yang digunakan dalam proses
belajar mengajar.[4]
Penilaian hasil belajar jika dilihat dari segi alatnya
dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu tes dan non tes. Tes ada yang diberikan
secara lisan (menuntut jawaban secara lisan) ini dapat dilakukan secara
individu maupun kelompok, ada tes tulisan (menuntut jawaban dalam bentuk
tulisan), tes ini ada yang disusun secara obyektif dan uraian dan tes tindakan
(menuntut jawaban dalam bentuk perbuatan). Sedangkan non tes sebagai alat
penilaiannya mencakup observasi, kuesioner, wawancara, skala sosiometri, studi
kasus.[5]
Dengan demikian pengukuran hasil belajar bisa
menggunakan tes maupun non tes dengan masing-masing alatnya untuk mengetahui
tingkat penguasaan materi pelajaran yang selanjutnya sebagai bahan analisis
dalam melanjutkan materi berikutnya.
[2]
http://syekhudin.wordpress.com/2013/01/26/pengertian-pengukuran-penilaian-dan-evaluasi/27/5/2014.
[3]
http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2130843-pengukuran-hasil-belajar/27/5/2014
[4] http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2130843-pengukuran-hasil-belajar/27/5/2014
No comments:
Post a Comment